Sahabat

friend1.jpg“Jika engkau ingin bersahabat dengan seseorang, buatlah dia marah. Maka, jika dia tetap berlaku adil kepadamu dalam kemarahannya, jadikanlah dia sahabatmu ;  tetapi jika tidak demikian, tinggalkanlah dia. ” (Ali bin Abi Thalib)

Brothers,

Pernah ga iseng nanya sama diri sendiri, siapa sih orang yang paling deket sama kita ? Yang bikin kita kangen cuma karena denger lagu favoritnya ? jadi orang pertama yang kita inget ketika lagi sedih ? Yang ketika dia ga ada rasanya empty banget? Yang jadi tempat kita sharing (walaupun belum tentu bisa kasih solusi) ketika kita punya masalah ? Seseorang yang bikin kita merasa aman dan nyaman bersama dia ?

Bisa jadi seseorang itu temen idup kita (baca :  istri/suami/pacar), bisa temen kantor, temen motor club, dll…dll… Yang jelas, ketika hati kita berpihak pada seseorang, dalam suka atau duka, artinya seseorang itu layak disebut sahabat …

Jangan complaint dulu, ini kan opini pribadi… gw percaya tiap orang pasti punya criteria berbeda tentang sahabat, terserah aja sih, tapi biar kita punya persepsi yang sama, yuk kita buka contekan menurut versi Islam,buat referensi aja … sebagaimana digambarkan oleh Ali bin Abi Thalib RA:

“Ada dua orang mukmin yang bersahabat dan berteman akrab. Salah seorang dari keduanya meninggal lebih dahulu dan ia mendapat berita gembira dari surga. Ketika itu ia mengingat teman akrabnya di kala di dunia lalu ia berdo’a : “Ya Allah, sesungguhnya fulan adalah teman akrabku, dia yang menganjurkanku berlaku taat kepada-Mu dan kepada Rasul-Mu. Dia yang mengajakku melakukan kebaikan dan mencegahku melakukan kemungkaran. Dia juga yang menyadarkanku akan pertemuan dengan-Mu.. Ya Allah jangan Engkau sesatkan dia sepeninggalku sampai Engkau perlihatkan padanya kenikmatan yang Engku berikan padaku dan sampai Engkau meridhainya sebagaimana Engkau ridha kepadaku.”

Maka Allah berkata padanya, “Pergilah. Seandainya engkau tahu yang Aku berikan kepadanya, niscaya engkau akan banyak tertawa dan sedikit menangis.” Sampai kemudian teman akrabnya itu meninggal dunia dan ruh mereka bertemu. Dikatakan kepada mereka, “Saling memujilah kalian kepada sahabat kalian.” Maka masing-masing mereka mengatakan, “Dia adalah sebaik-baik teman, sebaik-baik saudara, sebaik-baik sahabat…”

Hmmmm…

So sweet ya ? Jujur gw belum bisa jadi ‘temen baik’ yang terus-menerus berbagi kebaikan sama brothers semua, soalnya gw sendiri masih belajar dan belajar untuk jadi seseorang yang ga rese dan nyebelin.. *sumpah, ternyata susah,euy..hihihi*

Tapi setidaknya kita bisa mulai dari sekarang untuk sama2 belajar bersahabat, berteman dengan orang-orang yang bisa menerima kita dengan tulus sebagai manusia dengan segala kekurangannya, mendekatkan kita pada ridho-NYA, menjaga kita dari hal-hal yang mungkar, berbagi surga dengan kita di akhirat nanti . (Amiin)

 

Gambar dari : majidah.blogspot.com/2005_08_01_archive.html

Advertisements

One Response to “Sahabat”

  1. indahnya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: